Senin, 27 April 2009

Konsep Perancangan Sistem Informasi Manajemen IHospital

1. Abstraction

Ada beberapa data yang terkait di Sistem Informasi Manajemen IHospital dimana data tersebut membentuk procedure Input dan Output. Data procedure input yang masuk ke Sistem Informasi manajemen antara lain : Data administrasi, data poliklnik, data gaji dokter, data dokter, data obat, data alat dan pendaftaran pasien. Sedangkan untuk procedure output yaitu data honor tiap pegawai, dan biaya pengobatan.

2. Refinement

Didalam sistem informasi Manajemen IHospital ini terdapat beberapa konsep aplikasi yang dilibatkan tetapi hanya akan dibatasi sehingga stuktur internal system yang terlibat yaitu hanya bagian Medis, bagian HRD, bagian pasien, dan checker yang menjalankan tugas-tugasnya yang berhubungan dengan Sistem Informasi Manajemen IHospital tersebut.

3. Modularity

Karena bagian yang dilibatkan dalam Sistem Informasi manajemen IHospital ini dibatasi dan hanya melibatkan 4 bagian utama maka modul modul yang adapun hanya 4 buah yaitu :

· Modul Medis/Admin yaitu modul yang membahas tentang data-data dan procedure yang terkait pada proses yang dilakukan admin.

· Modul Pasien yaitu modul yang membahas tentang data-data dan procedure yang terkait pada proses yang dilakukan pasien.

· Modul Checker yaitu modul yang membahas tentang data-data dan procedure yang terkait pada proses yang dilakukan pasien.

· Modul Checker yaitu modul yang membahas tentang data-data dan procedure yang terkait pada proses yang dilakukan pasien.

· Modul HRD yaitu modul yang membahas tentang data-data dan procedure yang terkait pada proses yang dilakukan HRD.

4. Architecture

Sistem Informasi IHospital disusun dengan metode terstuktur dengan begitu System Informasi yang ada dibuat dari proses utama yaitu DFD level 0 sampai ketingkat proses yang paling rinci. Dimana disini kita menggunakan aplikasi easy case sebagai alat bantu tools desainnya.

5. Procedure

Sistem Informasi Manajemen IHospital ini melibatkan 4 buah modul yaitu :

· Modul Admin/Medis terdiri atas beberapa proses yaitu : proses pendataan biaya administrasi, pendataan polliklinik, dan honor.

· Modul Checker terdiri ats beberapa proses yaitu : proses pendataan obat, pendataan alat, dan honor.

· Modul Pasien terdiri atas beberapa proses yaitu : proses pendataan biaya berobat, dan pendataan pendaftaran.

· Modul HRD terdiri atas beberapa proses yaitu : proses pendataan dokter, pendataan gaji dokter, dan honor.

6. Hididng

Sistem Informasi Manajemen IHospital ini terdiri atas beberapa level aplikasi yaitu :

· Level Admin : Otoritas tertinggi untuk mengakses semua modul

· Pasien User : Otoritas tertentu untuk modul pasien

· Pharmacy Manager : Otoritas penuh untuk modul apotik

· Hospital Manager : Otoritas penuh untuk modul-modul hospital

Tidak ada komentar: